Ada Rumah Di atas Gua

Putri Bilang; Sombonglah Dengan Tepat

digital marketing oleh Putri SB


Dunia digital merupakan dunia kerja yang bisa ditekuni oleh siapa saja. Dengan syarat, mau belajar dan mengembangkan diri hingga bisa menyombongkan diri dengan tepat.

Semangkuk soto ayam dan sepiring nasi hangat menjadi teman yang tepat. Asupan ini mampu menghangatkan tubuh dan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk mengikuti kelas special. Yup, kelas yang diampu oleh Putri SB, seorang manajer dibidang digital marketing, sama sekali tidak boleh dilewatkan. Dia akan berbagi ilmu tentang dunia yang kini digelutinya.

Tepat pukul 19.00 WIB kelas daring itu dimulai. Putri SB, terlihat segar dan bersemangat. Dengan suara renyah dan nada bicara yang cepat, dia memulai perjalanan karirnya hingga sampai di posisinya saat ini.

Semua berawal dari kesukaannya menulis di blog. Sebuah platform yang dikelola secara pribadi ternyata mengantarnya menuju dunia yang berbeda. Dari tulisan yang dibuat apa adanya, tanpa SEO, tanpa kata kunci, tanpa backlink, hanya tulisan yang membuatnya gembira. Tulisan-tulisan inilah yang akhirnya membuatnya berkenalan dengan banyak orang. Mendorongnya untuk belajar banyak agar bisa mencapai hasil terbaik dibidang digital.

Perubahan besar terjadi saat seorang Putri bertemu dengan Putri (keduanya sama-sama Bernama Putri) yang menyarankannya untuk mengembangkan blog pribadinya. Tidak hanya sekadar menulis namun menyematkan sejumlah ketentuan yang dapat mendorongnya melaju di mesin pencarian.

Putri pun memulai langkahnya. Ia mulai mengikuti kelas demi kelas dengan sepenuh hati. Prinsip yang ditanamkan Ayahnya agar mendapatkan lebih dari yang telah dibayarnya diterapkan betul. Pada setiap kelas yang diikuti, Putri tidak pernah lelah untuk bertanya, memacu diri untuk mengerjakan tugas, mencari berbagai informasi yang dibutuhkannya meski hari telah memasuki dini hari.

SEO Ke Fullstack Digital Marketing

Sebagai blogger, menulis memang memiliki kesenangan tersendiri. Kegembiraan akan berlipat ketiika apa yang ditulis berada di halaman pertama mesin pencari. Untuk berada di sana tentu tidak bisa asal menulis, ada ilmu yang harus diterapkan agar bisa teroptimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

Teknik SEO diterapkan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pecari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari tersebut. Sebuah mesin pencari akan melakukan crawling, indexing, dan ranking. Hasil dari pencarian ini dapat membuat sebuah situs berada di posisi depan mesin pencari. Dengan berada di halaman depan maka peluang keterbacaannya akan semakin besar.

Putri mendapatkan berbagai hal mengenai Teknik SEO dari BRTNetwork yang diampu oleh Monica dan Pewe. Dari sini Putri dapat mengetahui berbagai Teknik SEO dan menjadi SEO spesialis yang dapat mengoptimasi mesin pencarian untuk hasil pemasaran yang lebih baik.

Dari SEO, Putri mengembangkan diri menjadi content creator dengan mengikuti kelas yang sesuai dengan kebutuhannya. Kemudian menjadi web developer. Kombinasi yang asyik tentunya karena Putri memahami SEO sekaligus Web spesialis. Belakangan kemampuannya di dunia digital semakin berkembang dan berhasil menjadi seorang full stack digital marketing, posisi yang sangat didambakan oleh generasi muda.

Kursus Untuk Memperkaya Portofolio

Mengikuti beragam kursus selain menambah pengetahuan dan kemampuan ternyata ada keuntungan lain yang tidak disadari oleh banyak orang. Dari setiap kursus yang diikuti sudah pasti akan menambah tool atau perangkat kerja. Misalkan, dari kelas desain maka diperlukan tool untuk pembuatan desain seperti Canva.

Putri dengan tekun melatih diri mengunakan beragam tool yang diketahuinya hingga benar-benar dapat mengoperasikannya dengan mudah. Tool ini kemudian dicantumkan pada portofolio miliknya. Pelan-pelan daftar tool yang dikuasainya semakin banyak. Berbanding sejajar dengan portofolio miliknya.

Uniknya, meski sudah tidak terlalu aktif di dunia blog, Putri berupaya untuk memperbaharui portofolio yang tercantum di blog. Portofolio juga ada di Linkidn miliknya. Portofolio dalam bentuk digital tersebut memudahkannya melakukan perubahan dan mengirimkannya dengan cepat.

Menyadari kalau portofolio adalah pintu untuk membuka dunia baru, Putri berupaya untuk membuat portofolio yang bersifat personal. Portofolio tersebut setidaknya berisikan informasi dasar seperti edukasi, karir, kemampuan yang dikuasai, dan pengalamannya.

Portofolio tersebut mengantarkan pada berbagai kesempatan baru, hingga akhirnya dipercaya menjadi manajer dibidang digital marketing. Putri menjadikan portofolio sebagai tempat untuk menunjukkan kesombongannya dengan tepat. Boleh sombong sesuai dengan kemampuan dan keahlian.

 Baca juga:

https://www.utarininghadiyati.com/2023/04/8-ide-konten-untuk-emak-kreator.html

https://www.utarininghadiyati.com/2022/09/nasabah-bijak-lindungi-data-diri.html

https://www.utarininghadiyati.com/2022/07/konsultasi-psikolog-online.html


 

Komentar

  1. Hebaaat 👍👍👍. Dari awalnya blog, menjadi manager digital marketing sampai seo specialist ya mba. Aku setuju nih, nyombong boleh , tapi dengan cara tepat dan memang menguasai bidangnya 😁👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak. saya pun kagum dengan mbak putri bisa tetap ramah dan mau berbagi ilmu.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.